Tingkatkan Pelayanan, BPN Provsu Ciptakan Program ‘Jempol Ramah’

Pelayanan Jempol Ramah

topmetro.news – Untuk meningkatkan pelayanannya, Kantor Wilayah Badan Pertanahan Provinsi Sumatara Utara, memprogramkan pelayanan ‘Jemput Bola Antar ke Rumah’ atau ‘Jempol Ramah’.

Hal tersebut disampaikan Kakanwil BPN Sumut Dr H Dadang Suhendi SH MH saat menghadiri deklarasi pencanangan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Kamis (13/8/2020), di Kantor BPN Madina, yang juga dihadiri Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution, Forkopimda Madina, istri Kakanwil BPN Sumut Hj Nina Marlina, tokoh adat, tokoh agama dan kepala OPD

Masih Dadang, dengan diciptakan program ‘Jempol ramah’, dia ingin memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat. Yakni dengan memanfaatkan teknologi dan informasi. “Dan kini program ini sudah berjalan baik melalui pengecekan secara online,” ujarnya.

Tetapi lanjutnya, saat ini mereka ingin langsung masuk kepada masyakat yang tidak paham teknologi akan tetapi bisa mengoperasikan WA.

“Badan Pertanahan akan melakukan launching namanya pelayanan sertifikat lewat WA, atau ‘Jempol Ramah’. Yang artinya jemput bola antar ke rumah. Dan program ‘Jempol Ramah’ ini juga akan mempermudah masyarakat. Karena sertifikat dan semua data-data akan difoto dan dikirim melalui WA,” ungkapnya.

Kemudian sambungnya, untuk pengaplikasian program ‘Jempol Ramah’ itu, nantinya semua pelayanan akan melalui WA. Dan jika sertifikatnya sudah terbit akan diantar ke rumah langsung dengan jasa pengiriman.

Dukungan Bupati Madina

Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution dalam kesempatan tersebut sangat mendukung apa yang diprogramkan BPN Sumut itu. “Kita sangat mendukung. Karena bagaimanapun program ini akan membawa kemudahan, kemurahan, dan sangat membantu kepada masyarakat,” tegasnya.

Perlu diketahui, imbuhnya, bahwa selama ini banyak masyarakat yang memiliki tanah, tapi tidak ada surat-suratnya. “Mudah-mudahan dengan kedatangan Kakanwil BPN Sumut ini sangat besar manfaatnya untuk masyarakat Madina,” katanya.

Dan dalam sambutannya, Bupati Madina juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang mempunyai tanah dan belum mempunyai surat supaya segera mengurusnya.

“Kepada suluruh masyarakat Madina dimana pun berada, supaya segera mengurus surat tanahnya. Karena setelah adanya program ‘Jempol Ramah’, Anda tidak perlu lagi datang ke Kantor BPN untuk mengurusnya. Cukup dari rumah saja,” tandasnya.

Agar diketahui seluruh lapisan masyatakat bagaimana Program ‘Jempol Ramah’ itu, kata Bupati Madina, harus disosialisasikan segera. Baik itu dengan pemasangan spanduk dan alat peraga lainnya.

“Kabupaten Madina harus menjadi pelopor di Provinsi Sumut untuk mensukseskan serta mensosialisasikan Program ‘Jempol Ramah’ ini,” harapnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment